Hampir setiap hari manusia tidak lepas dari yang namanya plastik. Mulai dari bungkus makanan, alat-alat rumah tangga, mainan anak, elektronik sampai dengan komponen otomotif. Seperti yang ditulis dalam situs olahsampah.com “Peningkatan penggunaan bahan plastik ini mengakibatkan peningkatan produksi sampah plastik dari tahun ke tahun. Sebagai gambaran konsumsi plastik di Indonesia mencapai 10 kg perkapita pertahun, sehingga dapat diprediksikan sebesar itulah sampah plastik yang dihasilkan.”

Nah, Indonesia adalah salah satu negara yang menghasilkan sampah plastik terbanyak di dunia. Seperti yang di tulis oleh kompas.com “Indonesia menempati urutan nomor 2 dalam daftar 20 negara yang paling banyak membuang sampah plastik di laut. Urutan teratas ditempati China yang membuang hingga 3,5 juta ton sampah plastik ke laut setiap tahunnya.”

Sifat plastik yang sukar terurai dalam tanah, jadi membuang semua sampah-sampah plastik ini ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir) menurut saya adalah solusi yang kurang bijak. Dan juga jangan pernah membuang sampah plastik ini ke laut. Mengapa?, karena bukan hanya mengotori laut namun plastik juga sulit terurai di laut, organisme-organisme laut yang memakan benda-benda ini cepat atau lambat pasti akan kehilangan nyawanya.

Solusi yang terbaik adalah mengurangi pemakaian plastik yang menurut kalian tidak terlalu penting. Seperti contoh, apabila kita berbelanja di supermarket atau di manapun. Jangan menggunakan plastik untuk membawa barang-barang. Namun kita harus membawanya dengan tas yang kita sediakan dari rumah. Setidaknya kita telah membantu untuk mengurangi banyaknya produksi sampah plastik di negeri ini.

Contoh lain, apabila kita membeli minuman di manapun, jangan menggunakan sedotan untuk minumannya. Selain itu apabila kita terlanjur menggunakan sedotan, kita harus merusak sedotan tersebut dengan menyobeknya atau dengan cara lain. Hal ini dilakukan untuk mencegah para oknum-oknum yang sengaja mencuci sedotan-sedotan dari tempat sampah untuk digunakan kembali.

Apabila kita memiliki sampah botol plastik, kita juga harus merusaknya terlebih dahulu sebelum dibuang. Hal ini juga bertujuan untuk mencegah penggunaan kembali sampah-sampah tersebut.

Sebenarnya sangat banyak solusi-solusi lain yang dapat kita lakukan untuk mengurangi sampah plastik di bumi ini. Kalian bisa membacanya di sini. Jika produksi sampah plastik bertambah banyak. Dan daur ulang plastik sangat lambat, mungkin di bumi kita akan banyak sampah plastik yang berceceran di darat maupun laut. Apa kalian mau kehilangan keindahan bumi kita ini?. Cukup ini saja dari saya untuk hari ini. Terus baca pos-pos saya berikutnya.

Selamatkan Bumi Kita Dari Sampah

Iklan

Satu pemikiran pada “Darurat Sampah Plastik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s