Young Agricare Project merupakan gerakan pemuda pemberdaya masyarakat berbasis pertanian yang digagas oleh mahasiswa Institut Pertanian Bogor asal Jember atau yang biasa kita sebut dengan “Bojes”.

Nah, Young Agricare Project tahun 2016 ini, kegiatannya adalah menanam 1.200 bibit bakau di daerah sekitar pantai payangan. Seperti yang kita ketahui, pantai payangan adalah salah satu tempat wisata yang sedang naik daun diakhir tahun 2015 dan awal 2016 ini. Banyank wisatawan-wisatawan nusantara yang berkunjung ke pantai payangan ini. Nah apabila pantai payangan memiliki banyak pohon bakau yang tumbuh kan jadi semakin indah. IMG-20160201-WA0007Bukan hanya keindahan manfaat dari penanaman pohon bakau ini. Bakau memiliki banyak manfaat, seperti :  Melindungi abrasi laut, Menjaga kualitas air, Mengatasi pencemaran air laut, dll. Seperti yang disampaikan oleh bapak Mochammad Taba’ dalam acara talkshow kemarin sore, “Pohon bakau memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah sebagai tempat tinggal ikan-ikan kecil. Ketika ikan-ikan kecil itu bertempat tinggal di pohon bakau tersebut otomatis akan mereka akan bertelur di sana dan ikannya akan menjadi banyak. Bukan hanya itu saja manfaatnya, pohon bakau juga bisa dijadikan sirup, kripik, daunnya bisa dibuat menjadi kerupuk juga.”

Bapak Heri selaku ketua forum menyampaikan “Jika bisa setelah menanam pohon bakau ini, kami juga menginginkan pohon-pohon yang ditanam disekitar bibir pantai juga, jadi ketika ada angin laut, angin tersebut akan diredam oleh adanya pohon-pohon tersebut, supaya angin laut tak langsung menuju ke pemukiman. Apa gunanya tempat wisata yang bagus dan ramai, apabila pemukin disekitarnya tidak merasa aman dan terlindungi.” Bapah Heri menambahkan.

IMG-20160201-WA0001Pengunjung tempat wisata boleh mengambil foto yang mereka inginkan, namun para pengunjung juga harus memperdulikan keadaan tempat wisata, jangan merusak tempat wisata, dan juga jangan mengotori tempat wisata dengan sampah-sampah yang kalian bawa. Seperti yang dikatakan oleh finalis dan Gus berbakat, Gusti Van Paundrasta “Kalian boleh berfoto-foto, namun juga harus memperdulikan tempat wisata tersebut, jangan membuang sampah sembarangan, dan jangan merusak tempat wisata.”

Jadi, dengan adanya Young Agricare Project ini. Kami para pemuda jadi lebih peduli dengan lingkungan. Dengan kegiatan menanam 1.200 bibit bakau ini, kami berharap pohon bakau tersebut tumbuh besar dan dapat melindungi makhluk hidup lain yang ada di sekitar sana. Semoga bukan hanya menanam bakau saja, namun saya selaku penulis berharap ada penanaman-penanaman lain yang akan menambah lahan hijau untuk lebih banyak pohon-pohon yang tumbuh yang memiliki banyak manfaat untuk kita semua. “Jangan hanya ditanam, namun juga harus disayang” itulah yang dikatakan oleh Bapak Mochammad Taba’ untuk menyemangati pemuda-pemudi yang mengikuti kegiatan ini.

AYO TANAM POHON KARENA BANYAK POHON BANYAK REZEKI.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s