Haloo semuaa!! sudah lama banget gak ngepost sesuatu belakangan ini, ini dikarenakan kesibukan saya mencari universitas untuk melanjutkan pendidikan, mulai dari tes STSN sampe tes SBMPTN kemaren. Ok saya akan bahas sedikit pengalaman saya waktu mengikuti tes tes perguruan tinggi.

Pertama yakni tes Sekolah Tinggi Sandi Negara, yup STSN. Sekolah ini hanya menerima 80 mahasiswa pada tahun 2016 ini. Sedangkan jumlah pesertanya kurang lebih berjumlah 3000 peserta. Tes ini diadakan di BKN Jakarta Timur untuk tes TKDnya dan di IPB untuk tes TPAnya. Pengalaman seru dari saya beserta peserta lain yang berasal dari Jember gak dapat dilupakan >,<. Gimana gak seru mulai dari sewa kos yang sempit, hemat uang makan, tapi seneng jalan jalan wkwkwk :D. Tapi sayang penulis belum ada rejeki di sekolah tinggi ini :’).

Setelah fix gak keterima di STSN, penulis punya kesempatan di SNMPTN, penulis mendaftar di UGM fakultas ilmu komputer atau ilkom. Nah, fakultas ini gak kalah gilanya dengan STSN. Jumlah mahasiswa yang diterima hanya 18 dari kurang lebih 200.000 partisipan SNMPTN yang mendaftar di fakultas ini. Sayangnya saya masih belum rejeki gan.

Cita-cita saya adalah menjadi seorang polisi. Nah, untuk mengejak cita-cita, setelah pulang dari Jakarta Bogor, saya langsung mencari-cari informasi untuk mendaftar Brigadir POLRI. Pada saat itu sibuk-sibuknya tuh, nulis surat lamaran, minta tanda tangan kades, dengan rangkap yang lumayan ngebikin tangal keker. Selama beberapa bulan di Polda mengikuti tes, namun saya gagal lagi gan :’).

Saya masih belum mau menyerah, saya mengikuti juga tes SBMPTN, dengan les kilat satu hari, saya belajar lagi pelajaran waktu SMA dan mengerjakan latihan-latihan soal SBMPTN. Merasa puas dengan bisa mengerjakan soal sewaktu tes, ternyata masih berujung hasil yang nihil :’). Sempet shock dan gak tau lagi mau gimana lagi. Temen-temen ane semuanya sudah dapet universitas masing-masing, dan saya masih mencari-cari lembaga yang mau menerima saya apa adanya :’D.

Terkadang saya bingung dengan rencana Allah. Terkadang ada yang baik banget buat kita, namun kita sukai. Terkadang yang kita sukai banget justru gak baik buat kita dan Allah menjauhkan hal itu. Terimakasih banyak temen-temen yang ngasih masukan atas saran-saran yang sangat membantu membuat saya semangat lagi.

Masih banyak anak lain yang bernasib buruk dari kalian, jadi jangan terlalu bersedih hati bagi yang belum keterima di SBMPTN 2016 ini. Karena masih ada tanah di bawah tanah. Dari pada kalian galau, ngeratapi nasib dengan nangis, ngoceh gak jelas di social media. Mending kalian pikirkan dengan baik langkah selanjutnya yang harus kalian ambil. Jangan menyerah sampai disini. Kalian mash muda, masiih banyak kesempatan yang dapat kalian kejar. Ingat kesempatan-kesempatan bukan menunggu kalian, tapi kalian yang harus mengejar kesempatan-kesempatan itu.

Tinggalkan Balasan

